Tahun Baru dan Resolusi Baru

Tahun ini gue bertekad untuk tidak membuat target ataupun resolusi apapun, gue mau tahun ini menjalani semuanya seperti “air yang mengalir”. Life in the moment. Dan akhir tahun nanti gue akan merekap semua kejadian dan hal-hal yang sudah gue lewatkan. ๐Ÿ™‚

Nggak ada alasan khusus kenapa gue melakukan ini, gue hanya terpikir untuk melakukan itu.

Advertisements
Tagged ,

Happy 21 y.o for me and message for my future

Yeiyy ~ happy birthday to me. Happy 21 y.o. Gue merasa sedikit aneh berada di umur ini, gue tiba-tiba berada di momen oh ~ man’ gue udah dewasa. Gue harus lebih mature dari umur 20-an kemarin. Gue harus menentukan masa depan gue dengan lebih jelas. Udah mau lulus kuliah, harus mikir mau lanjutnya seperti apa. Dan yang diutamakan harus pintar-pintar mengatur keuangan, kalau bisa udah usaha cari penghasilan tambahan sendiri. Oh iya, gue terinspirasi dengan blog-nya oca yang buat pesan untuk dirinya 5 tahun ke depan. Jadi gue juga mau buat sebuah pesan singkat untuk diri gue 5 tahun kedepan. Diri di umur 26.

Hai, 26 y.o me, how’s your life? Gue ingin menanyakan beberapa target atau impian yang gue pikir akan tercapai di 5 tahun kedepan.

1. Are you married already? Gue yakin terlepas apapun alasan lo mengambil keputusan untuk menikahi pria itu gue yakin itu tepat, di umur 21 lo selalu berpikir bahwa sebuah hubungan kuncinya adalah komunikasi dan kompromi. Gue tau hubungan pernikahan itu ribet, tapi lo selalu belajar dari kesalahan yang lo lakuin dan melakukan evaluasi diri menjadi lebih baik. Gue yakin lo sekarang di momen yang sangat menikmati peran menjadi seorang istri. ๐Ÿ™‚

2. Udah jadi psikolog? Gue tau jadi seorang psikolog itu nggak mudah, lo harus berurusaan dengan masalah orang setiap hari, but you should remember kalau lo drama junkie jadi itu nggak masalah buat lo. dengerin masalah orang malah sebuah dopamin buat lo, karena lo suka a good drama. Apalagi ini adalah a reality drama not some fiction drama movie or novel. So just enjoy it seperti penonton pada umumnya. ๐Ÿ™‚

3. Or being intrapreneur? Keputusan lo banting setir kerja di corporate pasti dengan alasan yg logis, gimana, udah berhasil beli gadget yang paling lo mau pakai uang hasil keringat sendiri? lo pasti senang banget kan yah sudah berhasil mandiri secara finansial, udah nggak minta sama orang tua lagi. Kalau bisa lo udah mikir buat beli properti untuk jaminan masa depan, asuransi kesehatan, pendidikan dll juga pasti udah lo cover kan? ๐Ÿ˜€

4. Study ke luar negeri. Lo selalu punya keinginan dari hati kecil lo yang terdalam kalau lo mau nyoba stay di luar negeri untuk beberapa bulan, entah itu karena pendidikan ataupun mencari pengalaman. Kondisi lo sekarang belum bisa mewujutin itu, karena orang tua lo melarang. Tapi gue yakin kalau keinginan lo itu udah gede atau memuncak lo bisa mewujutinnya. Lo itu kuat, independent, sekarang keinginan lo untuk study keluar negeri masih 50:50 kalau keinginan ini sudah jauh lebih besar gue yakin lo pasti menemukan cara agar orang tua lo mengizinkan. Semangat ~

5. Adventure. Udah kemana aja? lo selalu pengen jadi seorang traveler yang melakukan adventure ke tempat-tempat yang super duper keren. menikmati keindahan alam semesta bumi pertiwi. Kalaupun lo belum bisa kerja di nasional geografi indonesiaย  dan kompas (impian lo), usahain untuk melakukan traveler ke tempat yang masih satu pulau dengan tempat tinggal lo. And don’t forget to buy a kamera kece for capture every momen in your adventure. ๐Ÿ˜€

6. Kalau ternyata lo terjebak di kehidupan sebagai ibu rumah tangga di umur ini, dan semua target-target yang lo mau masih belum terealisasikan, gue mau ngingetin kalau lo nggak usah depresi ataupun merasa such a failure. Lo nggak pernah nunjukin ke orang-orang di luar sana kalau lo itu lemah, lo itu kuat. Orang-orang selalu bertanya-tanya bagaimana cara lo bisa menikmati hidup dengan begitu menyenangkannya dan masih bisa mengatur keuangan dengan baik. jadi kalaupun sekarang lo di momen yang nggak sekaya yg lo inginin, gue yakin orang-orang malah sudah iri sama cara lo menjalani hidup lo. (True story broo ๐Ÿ™‚ So just enjoy your life. Don’t thinking about penyesalan mengenai target yang udah nggak bisa kamu wujudtin tapi thinking about how you make that target bisa di wujudtin dengan memanfaatkan keadaan kamu saat ini.

Happy birthday, Happy 26 y.o future of me. ๐Ÿ˜€

Tagged , , , , ,

Sharing

Udah lama nggak sharing cerita. selama beberapa minggu ini banyak banget kejadian yang cukup memorable. perasaan senang, sedih, marah, frustasi, benci, nervous sampai mau nangis, terharu. dan takut. perasaan-perasaan yang menghampiri ketika kejadian-kejadian memorable ini berlangsung. Yang membuat kejadian ini memorable karena intensitas perasaan-perasaan yang gue rasakan ini sangat-sangat kuat. Atau gue bisa bilang berada pada level tertinggi.

Sometimes, gue mau menceritakan kisah-kisah ini ke orang-orang terdekat gue. Untuk sekedar berbagi.Tapi ketika kejadian itu terjadi mereka tidak ada di sekitar gue, sehingga membuat gue akhirnya bercerita pada orang-orang yang sedang bersamaku saat itu atau kebetulan ada di waktu tersebut.

Gue bukan tipe orang yang suka mengulang-ulang cerita, gue punya keyakinan kalau gue udah berhasil melewati perasaan itu mengenai kejadian apapun itu, gue akan berpikir seribu kali untuk menceritakan the ugly truth mengenai apa yang gue rasakan saat kejadian itu berlangsung kepada orang yang bersangkutan ataupun kepada orang terdekat. Karena gue berpendapat buat apa menyakiti orang lain dengan kata-kata negatif padahal sebenarnya hal itu sudah tidak menganggu lo lagi. Cara asertif adalah bukan solusi pilihan pertama yang bisa gue pilih ketika terjadi sebuah dilematika hidup.

Gue sadar, akhir-akhir ini gue sulit membuka diri kepada orang lain, Salah. lebih tepatnya menutup diri pada orang-orang tedekat. Gue bahkan memulai kebiasaan lama di mana ketika diajak untuk bercerita gue akan menceritakan hal-hal yang menurut gue orang itu cukup dengarkan. Bukan sesuatu yang sebenarnya ingin gue ceritakan.

Mungkin ini alasan kenapa gue senang banget bisa pulang ke Makassar secepat mungkin. Gue mau pulang ke tempat gue berpulang. Rumah. gue udah berada di titik jenuh dan butuh refresh button.

Tagged , , ,

28 Oktober, hari sumpah pemuda

Sebagai warga negara Indonesia yang masuk dalam kataegori pemuda (pemudi untuk cewek), hari ini adalah hari di mana kita di ingatkan betapa besar sumbangsi pemuda pemudi indonesia dalam merebut kemerdekaan Indonesia, negara kita tercinta dari penjajah.

Hari ini aku cukup dikejutkan dengan respon salah satu teman kuliah mengenai makna dari hari sumpah pemuda sendiri. Bertemu dengannya dengan ekspresi yang terlihat sangat “bete” atau “bad mood”. Dia bercerita mengenai pengalamannya saat mendengarkan kicauan semua pemuda-pemudi Indonesia hari ini tentang sumbangsi mereka untuk negara kita. Sedangkan dirinya sendiri belum melakukan apa-apa. Ketika dia mulai ngelantur ke hal-hal yang lebih banyak mengenai ke “bete” an-nya ini dengan sumpah pemuda. Aku memotong omongannya dan memberikan tanggapanku sendiri mengenai arti dari sumpah pemuda dan apa yang telah aku lakukan untuk negaraku.

Aku tidak pernah membandingkan apa yang telah orang lain lakukan dan apa yang telah kita lakukan. Aku lebih sering melakukan evaluasi apa yang sebenarnya telah aku lakukan untuk negaraku Indonesia.

Beberapa hal yang telah aku lakukan dan aku yakin kamu juga melakukan itu seperti yaitu Aku tidak ikut melakukan demo, tindakan anarkis dan vandalis. Karena aku merasa masih ada pilihan lebih baik dalam mengutarakan pendapat selain demo serta tindakan anarkis dan vandalis. Aku sangat-sangat menolak untuk melakukan tindakan black campaign dalam mendukung sebuah tokoh politik atau pemimpin yang aku dukung. Aku berusaha untuk tahu isu-isu apa saja yang terjadi di negara kita bukan karena ingin terlihat intelegen atau sok tau. Tapi agar aku bisa mengutarakan pendapatku mengenai isu tersebut karena emang aku tau permasalahan itu.

Aku ikut memilih ketika pemilihan gubernur dan DPRD di daerahku waktu itu, tetapi untuk pemilihan presiden kemarin aku tidak menggunakan hak pilih yang aku miliki. Aku tidak menggunakan hak pilih karena panitia di daerahku tidak memberikan surat pemanggil untukku dan prosedur birokrasi yang harus aku lakukan untuk menggunakan hak pilih itu terlalu ribet untukku. Apa aku berkoar-koar di media sosialย  mengenai kurang profesionalnya kinerja panitia? Tidak, aku merasa tidak ada yang patut dipersalahkan kecuali diriku sendiri yang tidak mau berusaha lebih keras lagi dalam menjalankan birokrasi tersebut. Dan kamu (temanku) harus bangga dengan dirimu karena menggunakan hak memilih-mu untuk membangun Indonesia lebih baik.

Sebagai wanita yang sedang dalam posisi hari pertama kedatangan tamu bulanan, aku cukup terkejut karena dapat mengatur emosi dengan baik ketika berhadapan dengan orang yang ber-aura negatif. Aku menganggap seharusnsya aku yang lebih pantas untuk memiliki the bad mood feeling. Mungkin ini juga dikarenakan teman yang duduk disebelahku memiliki aura yang positif dan ceria. Dan tentu saja Bak Pia ole-ole dari Jogja. ๐Ÿ˜› Thanks to partner tim paper Akupuntur -ku dengan keceriannya hari ini. Thanks a lot

Tagged , , , ,

SIlly Me

Ketika suatu keadaan berubah, kamu di hadapkan pada satu hal, apakah kamu ingin menerima hal tersebut dengan tangan terbuka (positif) atau kamu lebih memilih untuk tidak menerimanya. Aku berada dalam kondisi yang awalnya menerima dengan positif lalu dalam prosesnya menjadi negatif. Sebuah lingkaran menjemukkan dan memuakkan.

Aku ingin pergi, aku ingin menyendiri, tinggalkan aku dengan kepenatanku dan kerumitannku. Aku benci kalian, aku benci semua. Jangan dekat-dekat denganku. Kata demi kata ku lontarkan, tak ada yang positif, semua dipenuhi dengan kalimat-kalimat negatif. Jangan minta aku bercerita. Aku belum siap menerima.

Aku rindu di saat semuanya belum berubah, aku rindu momen ketika aku belum tau apa-apa. Aku rindu dengan kesemuan sementara itu. Silly me yang masih berharap semuanya tetap sama.

Tagged

There is a sick in homesick

Hari ini mama sama papa udah pulang, gue kangen sama mereka. Gue pengen banget tau mereka bawa pulang ole-ole apa aja. Gue mau tau cerita-cerita mereka selama di sana. Gue mau ngobrol banyak sama mereka. Hiks ~ Kangen.

Tagged , ,

Hello, my cup of tea

Kemarin adalah hari yang spesial, selain komik favoritku posting chapter terbarunya, kemarin juga adalah pertama kalinya aku bertemu dengannya. This handsome man, my cup of tea.

Hello, my cup of tea.
Dering teleponku membuatku tersenyum di pagi hari, kau bercerita semalam kita bertemu, entah mengapa aku merasakan hadirmu di sini, tawa candamu menghibur saatku sendiri.

Jarak dan waktu takkan berarti karena kau akan selalu di hati, bagai detak jantung yang kubawa kemanapun kupergi. Aku di sini dan kau di sana, hanya berjumpa via suara, namun ku selalu menunggu saat kita akan berjumpa. Meski kau kini jauh di sana kita memandang langit yang sama, jauh di mata namun dekat di hati.

Tagged , ,

Sorry, I hurt you

Minggu yang cukup berat bagiku, aku nggak bisa ngontrol attitude ku akhir-akhir ini yang menyebabkan sarkastik-ku keluar dengan gampangnya sehingga dengan tidak sengaja aku melukai perasaan orang-orang di sekitarku.

Fisik dan mental yang letih membuatku kehilangan kendali untuk berpikir sebelum mengucapkan sesuatu. kata tak kalah tajam dari pisau. That’s true, aku telah menjadi korban dan tersangka dalam hal ini, aku tau gimana rasanya tersakiti dengan kata, dan ternyata aku menjadi orang yang menyakiti dengan kata.

Aku nggak mau seperti ini, aku mau ketika mengucapkan kalimat itu hanya sebagai mekanisme pertahanan diri kepada orang-orang yang memang pantas mendapatkannya, aku nggak mau kata-kata negatif itu keluar seperti amunisi yang tak bisa aku kontrol.

Sorry, i hurt you. I’m apologize. Thanks for not snap me in that situation and be a mature one.ย Aku akan berusaha untuk lebih aware dengan kestabilan emosiku, jadi aku tidak akan menyakiti kalian dengan gampangnya.

Tagged , ,

Protected: Asertif

This content is password protected. To view it please enter your password below:

Tagged ,

Keputusan

Sometimes caring too much can leave your hurt. – Anonymous

Berarti solusinya untuk tidak merasa sakit yaitu berhenti untuk peduli? Well, sepertinya aku harus mencoba itu. Men-shut down semua perasaan care yang aku miliki.

Tagged , ,